Pengaruh Persepsi, Motivasi dan Hambatan Terhadap Keikutsertaan Program Kemitraan dan Kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi (PT. AP II Bandara Sultan Thaha Jambi)

  • Bobit Kowanus Utomo PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  • Arief Daryanto Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Lilik Noor Yuliati Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi Program Kemitraan dalam memberikan bantuan bagi UKM masyarakat di Provinsi Jambi; menganalisis persepsi, motivasi dan hambatan dalam mengikuti program kemitraan; menganalisis pengaruh keikutsertaan program kemitraan terhadap kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi; serta menganalisis tingkat kesejahteraan sebelum dan sesudah Program Kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui survei. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu terhadap UKM mitra binaan PT. AP II Bandara St. Thaha Jambi. Teknik penarikan sampel tergolong probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin (e = 5%) diperoleh 156 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis lintas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kemitraan dalam memberikan bantuan kepada UKM masyarakat di Provinsi Jambi telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan amanat peraturan Menteri Negara BUMN, persepsi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap program kemitraan sedangkan hambatan tidak berpengaruh signifikan terhadap program kemitraan, keikutsertaan program kemitraan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi dan perubahan Tingkat kesejahteraan UKM berpengaruh signifikan terhadap Program Kemitraan.

Kata kunci: persepsi, motivasi, hambatan, program kemitraan dan kesejahteraan UKM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-05
How to Cite
UtomoB. K., DaryantoA., & YuliatiL. N. (2018). Pengaruh Persepsi, Motivasi dan Hambatan Terhadap Keikutsertaan Program Kemitraan dan Kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi (PT. AP II Bandara Sultan Thaha Jambi). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(3), 328. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.328