Transformasi Budaya Organisasi Otoritas Perpajakan Indonesia Menghadapi Era Ekonomi Digital

Maria R.U.D. Tambunan, Rozan Anwar

Abstract


This article aimed to exemplify the dynamic transformation stages of Indonesia Tax Authority’s shared values since the beginning of tax administration reform in 1983 until today, specifically in facing digital economic era. This article also aimed to comprehensively explain the dynamics of shared values followed by organization structural changes embedded to the shared value transformation. At the end, the shared-values are reflected to the readiness of Indonesia Tax Authority to face the challenges in tax business in this digital era. This research adopted constructivist paradigm with a qualitative research method. The techniques of data collection were literature reviews, documentation studies, and in-depth interview. The research showed that Indonesia Tax Authority has made shared-value transformation in an incremental pattern. On the other hand, the organization structural changes and supporting infrastructure to implement core business transformation have been quite progressive. Besides, changes in leadership have not been transformative. Therefore, it needs serious measure to internalize shared-values vividly on daily activities and to transform the leadership style.

Keywords: shared-value, digital economy, tax administration, tax authority

Abstrak: Artikel ini membahas mengenai dinamika perubahan budaya organisasi otoritas pajak Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak sejak masa reformasi 1983 hingga masa terkini dalam menghadapi era ekonomi digital. Selain itu, perubahan budaya organisasi dari masa ke masa yang diikuti dengan perubahan struktur organisasi sejak dilaksanakannya reformasi perpajakan pada tahun 1983 akan dibahas dengan komprehensif sebagai acuan untuk memahami dinamika perubahan budaya yang telah dilaksanakan. Pada akhirnya perubahan budaya ini dihadapkan pada kesiapan institusi perpajakan dalam menghadapi tantangan pemajakan atas dinamika kegiatan entitas bisnis. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, studi dokumentasi serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan budaya organisasi terjadi di Direktorat Jenderal Pajak, namun bersifat incremental, berbeda dengan perubahan struktur organisasi dan infrastruktur pendukung pelaksanaan core business yang demikian progresif. Selain itu, perubahan gaya kepemimpinan juga masih belum bersifat transformatif. Dengan demikian, upaya untuk menginternalisasikan budaya organisasi yang telah diciptakan menjadi nilai-nilai bersama dalam kegiatan sehari-hari serta perubahan gaya kepemimpinan yang transformative masih sangat diperlukan.

Kata kunci: shared-value, ekonomi digital, administrasi pajak, otoritas pajak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________

Editorial Office

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM)

School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Jl. Raya Pajajaran Bogor 16151
Telp. 0251-8313813, Fax. 0251-8318515
Email: jabm.ipb@gmail.com ; jabm@sb.ipb.ac.id

Visitor