Pengaruh Investasi CSR Dalam Meningkatkan Profitabilitas dan Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Sri Kehati Periode 2011–2015

Gugah Praharawati, I Made Adyana, Fachruddin M Mangunjaya

Abstract


This research aimed to analyze the impact of corporate social responsibility (CSR) in increasing the profitability and stock price. This research used an explanatory research approach or a quantitative analysis. The sampling took thirteen companies registered in Sri Kehati Index at the period of 2011–2015. The developed model consists of three independent variables and two dependent variables. This research used the purposive sampling method. The analytical method used in this study was multiple regression analysis on annual data of 2011 to 2015 period. The results of this study indicated that the environmental CSR has no significant to the profitability (NPM), yet has a positively significant effect on stock price. In addition, economic CSR has no significant on profitability (NPM) and stock price, while social CSR has a positively significant effect on profitability (NPM) and has no significant effect on stock price. The correlation between the three CSR variables to profitability (NPM) and stock price is still relatively weak; i.e. 34.5% for profitability (NPM), and 27.3% for stock price, while the contribution of this variable to NPM is only 11.9%, and 7.5% to the stock price.

Keywords: environment_CSR, economic_CSR, social CSR, NPM , and stock_price

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh investasi CSR dalam meningkatkan profitabilitas dan harga saham. Studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research atau studi penjelasan dengan pendekatan Kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 13 perusahaan yang terdaftar pada indeks Sri Kehati periode 2011–2015. Model yang dikembangkan terdiri dari tiga varibel bebas dan dua variabel terikat. Metode yang dipakai dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis menggunakan model regresi berganda dan data tahunan periode 2011–2015. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa CSR_lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas(NPM), tetapi berpengaruh signifikan positif terhadap harga_saham. CSR_ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (NPM) dan harga_saham, sedangkan CSR_sosial berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas (NPM) dan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga_saham. Hubungan antara ketiga variabel CSR terhadap profitabilitas (NPM) dan harga_saham masih tergolong lemah yaitu 34,5% untuk profitabilitas (NPM) dan 27,3% untuk harga_saham, Adapun untuk kontribusi variabel ini terhadap profitabilitas (NPM) hanya 11,9% dan 7,5% terhadap harga_saham.

Kata kunci: CSR_lingkungan, CSR_ekonomi, CSR_sosial, NPM, harga_saham


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17358/jabm.5.2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________

Editorial Office

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM)

School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Jl. Raya Pajajaran Bogor 16151
Telp. 0251-8313813, Fax. 0251-8318515
Email: jabm.ipb@gmail.com ; jabm@sb.ipb.ac.id

Visitor