Pengaruh Kualitas Kerja Terhadap Kinerja Bank BNI Syariah Cabang Bogor

  • Barlian Wijaksono Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor Jl. Raya Pajajaran, Bogor 16151
  • Aida Vitayala Hubeis Departemen Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor Jl. Kamper, Wing 1, Level 5, Kampus IPB Darmaga Bogor 16680
  • Imam Teguh Saptono Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor Jl. Raya Pajajaran, Bogor 16151

Abstract

The purposes this research were analyzing the relationship between the characteristics of the employees and performance, analyzing the quality of the employee performance at Bank BNI Syariah Bogor, analyzing differences in the quality of the employee performance between male and female employees at Bank BNI Syariah Bogor, and as well as formulating the variables that can increase the quality of the performance of the employees of Bank BNI Syariah Bogor Branch. Based on the results in which the analysis used multiple linear regression, a conclusion can be taken from the study. The characteristics of the employees of BNI Syariah Bank which dominantly influences the performance include age range between 26–30 years, a university degree (S1), working year of 2–5 years, and frontliner position. Overall, the variables that affect the quality of the male and female employee performance of Bank BNI Syariah Bogor Branch include knowledge, working skill, behavior, and working experience. Based on the results, in terms of the quality the male employees, the variables that increase the performance quality at Bank BNI Syariah Bogor are only behavior and work experience, while for the female employees, there is no variable influencing the improvement of their performance quality in bank BNI Syariah Bogor. After conducting the testing on quality, the result shows that only male employees will increase their quality performance but only with variables of behavior and working experience.

Keywords: gender, BNI Syariah, multiple linear regressions, quality of the employee, performance

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan karakteristik karyawan dengan kinerja, menganalisis kualitas kinerja karyawan, menganalisis perbedaan kualitas kinerja karyawan antara gender laki-laki dengan perempuan, serta merumuskan variabel-variabel yang dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawan Bank BNI Syariah Cabang Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis Multiple Linear Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik karyawan Bank BNI Syariah Bogor yang dominan memengaruhi kinerja umumnya berusia antara 26–30 tahun, memiliki tingkat pendidikan sarjana (S1), lama bekerja 2–5 tahun, dan memiliki jabatan sebagai frontliner. Secara keseluruhan variabel-variabel yang memengaruhi kualitas kinerja karyawan laki-laki dan perempuan di Bank BNI Syariah Cabang Bogor adalah knowledge, working skill, behaviour, dan working experience. Hasil analisis secara kuantitas untuk karyawan laki-laki, variabel-variabel yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas kinerja di Bank BNI Syariah Cabang Bogor hanya variabel perilaku dan pengalaman kerja, sedangkan untuk karyawan perempuan tidak ada satu variabel pun yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas kinerja di Bank BNI Syariah Cabang Bogor. Setelah dilakukan pengujian kualitas hasil hanya gender laki-laki yang dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawan Bank BNI Syariah, tetapi dengan catatan hanya variabel perilaku dan pengalaman kerja saja.

Kata kunci: gender, BNI Syariah, multiple linear regression, kualitas kerja, kinerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-22
How to Cite
WijaksonoB., HubeisA. V., & SaptonoI. T. (2017). Pengaruh Kualitas Kerja Terhadap Kinerja Bank BNI Syariah Cabang Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(2), 254. https://doi.org/10.17358/jabm.3.2.254