STRATEGI BISNIS PT. PARIWARA ADVERTISING DI INDUSTRI MEDIA LUAR RUANG DKI JAKARTA

  • Mila Kumala Panin Bank Kantor Cabang Bekasi Square, Kota Bekasi
  • Rina Oktaviani Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Agus Maulana Universitas Dr Sutomo

Abstract

The objective of the research is to analyze the internal and external condition of PT Pariwara advertising to formulate an appropriate strategy due to the company’s declining condition. This condition is caused by the implementation of Pergub No.1 tahun 2015 on the banning of cigarette and tobacco product advertisement in outdoor Medias.  The data is analyzed using internal factor evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), grand strategy matrix, SWOT and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).  The result of the research shows that the strategy priority during a stagnant condition is applying the concentric diversification strategy which adding new product that has the similar technology, join facilities, or distribution network with the current product.
 
Keywords: IFE, EFE, SWOT, grand strategy, QSPM


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi internal dan eksternal PT. Pariwara Advertising untuk merumuskan strategi yang tepat ditengah kondisi perusahaan yang sedang menurun dan kondisi industri media luar ruang DKI Jakarta yang melemah karena diterapkannya Pergub No. 1 Tahun 2015 tentang  Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang. Teknik analisis data menggunakan analisis internal factor evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks strategi besar, matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini menunjukan prioritas strategi yang harus dilakukan di tengah kondisi industri yang stagnan adalah dengan strategi diverisifikasi konsentris yaitu strategi penambahan produk baru yang masih ada kaitannya dalam hal kesamaan teknologi, fasilitas bersama, atau jaringan pemasaran yang sama dengan produk yang ada saat ini.

Kata kunci:  EFI, EFE, SWOT, strategi besar, QSPM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-25
How to Cite
KumalaM., OktavianiR., & MaulanaA. (2017). STRATEGI BISNIS PT. PARIWARA ADVERTISING DI INDUSTRI MEDIA LUAR RUANG DKI JAKARTA. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(1), 35. https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.35