Bauran Pemasaran dan Kepuasan Konsumen Agen Laku Pandai PT. Bank XYZ

  • Rano Hendranata PT. Bank BRI
  • M. Syamsul Ma’arif Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Kirbrandoko Kirbrandoko Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun

Abstract

Marketing management is one element that is used by XYZ Bank to introduce its products widely known by the public. Laku Pandai is one of the Bank XYZ network developments with the concept of agency that promotes the development of the economy at the level of Laku Pandai Agent and increases customer satisfaction. The research used the Important Performance Analysis (IPA) aiming to determine the interest and performance of the customers of the Laku Pandai Agent. The results showed that the tools/technology variables used, product knowledge and good manner of the agents, and quick and easy transactions had high interests and satisfaction for the consumers. The study used the Structural Equation Modeling (SEM) to analyze the effects of marketing mix on customer satisfaction and loyalty. The results of the research showed that the empathy variable was the most determinant variable on satisfaction for the consumers of the agency when compared to the other variables of Tangible, Reliability, Assurance and Responsibility. Overall, the respondents were satisfied with the quality of services provided by Laku Pandai Agency.

Keywords: agen laku pandai, marketing mix, IPA, SEM


Abstrak: Manajemen pemasaran merupakan salah satu unsur yang dipergunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk-produk Bank XYZ sehingga dikenal oleh masyarakat. Laku Pandai merupakan salah satu pengembangan jaringan Bank XYZ dengan konsep keagenan yang mengutamakan pengembangan tingkat perekonomian Agen Laku Pandai dan peningkatan kepuasan pelanggan. Penelitian menggunakan Important Performance Analysis (IPA) bertujuan mengetahui kepentingan dan kinerja dari nasabah Agen Laku Pandai. Hasil menunjukkan bahwa variabel alat/teknologi yang digunakan, pengetahuan produk Agen Laku Pandai, sopan santun Agen Laku Pandai serta transaksi yang cepat, mudah, selalu berhasil memiliki kepentingan tinggi dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel emphaty merupakan variabel yang paling menentukan kepuasan konsumen Agen Laku Pandai bila dibandingkan dari variabel lainnya, yaitu Tangible, Realibility, Assurane dan Responsibility. Secara keseluruhan responden merasa puas dengan kualitas layanan yang diberikan oleh Agen Laku Pandai.

Kata kunci: agen laku pandai, bauran pemasaran, IPA, SEM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-09
How to Cite
Hendranata, R., Ma’arif, M. S., & Kirbrandoko, K. (2017). Bauran Pemasaran dan Kepuasan Konsumen Agen Laku Pandai PT. Bank XYZ. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(3), 398. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.398