Formulasi Strategi Bersaing PT. Imago Kreasi Komunika di Industri Jasa Periklanan

  • Teti Filantri Siregar PT. Imago Kreasi Komunika Jl. Benda Atas No.36H Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta 12560
  • Heny K Daryanto Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor Jl. Raya Pajajaran, Bogor 16151
  • Setiadi Djohar PPM Manajemen Jl. Menteng Raya 9, Jakarta 10340

Abstract

After its establishment, PT. Imago Kreasi Komunika had experienced highly rapid growth from year to year; however, in 2013 the company suffered its losses. This condition was successfully overcome by the company by gaining its profit in 2014. Due to this condition, the company has been worried so that it decided to formulate of appropriate strategies to be able to grow and compete with other advertising companies. This study aimed to evaluate the vision and mission and analyze the internal and external factors of the company to formulate an appropriate strategy formulation for PT. Imago Kreasi Komunika. The research was conducted by case study approach the company. The method of analysis used was to evaluate the company's vision and mission and stakeholder expectations. To analyze the internal factors, the Internal Factor Analysis Summary (IFAS) matrix, External Factor Analysis Summary (EFAS), and Strategy Factor Analysis Summary (SFAS) were used. The research was conducted through non-probability sampling approach with purposive sampling technique by selecting respondents consisting of seven internal experts and three external experts. The results showed that PT. Imago Kreasi Komunika has a Unique Selling Point which is not owned by other advertising companies that is final artwork packaging design. This Unique Selling Point can be the key to develop the company and compete with other advertising companies in Indonesia.

Keywords: strategy formulation, advertising company, EFAS, IFAS, SFAS


ABSTRAK

Sejak berdiri PT.Imago Kreasi Komunika mengalami perkembangan sangat pesat dari tahun ke tahun, namun ditahun 2013 perusahaan mengalami kerugian. Kondisi ini berhasil diatasi oleh perusahaan dengan kembali mendapatkan profit di tahun 2014. Keadaan seperti ini mengkhawatirkan perusahaan sehingga perusahaan memutuskan perlunya sebuah formulasi strategi yang tepat untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan iklan lain. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi visi dan misi , menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan untuk menyusun sebuah formulasi strategi yang tepat bagi PT.Imago Kreasi Komunika. Penelitian dilakukan dengan pendekatan studi kasus PT.Imago Kreasi Komunika. Metode analisis yang digunakan adalah dengan melakukan evaluasi visi dan misi perusahaan serta harapan-harapan stakeholder. Untuk menganalisis faktor-faktor internal digunakan matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS), External Factor Analysis Summary (EFAS), dan Strategy Factor Analysis Summary (SFAS). Penelitian dilakukan melalui pendekatan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan memilih responden yang terdiri dari tujuh pakar internal dan tiga pakar eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Imago Kreasi Komunika memiliki Unique Selling Point yang tidak dimiliki oleh perusahaan iklan lain, yaitu final artwork packaging design. Unique Selling Point ini dapat dijadikan kunci untuk mengembangkan perusahaan dan bersaing dengan perusahaan iklan lain di Indonesia.

Kata kunci: formulasi strategi, perusahaan iklan, EFAS, IFAS, SFAS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-21
How to Cite
SiregarT. F., DaryantoH. K., & DjoharS. (2017). Formulasi Strategi Bersaing PT. Imago Kreasi Komunika di Industri Jasa Periklanan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(2), 161. https://doi.org/10.17358/jabm.3.2.161