Penanganan prolaps vagina pada sapi perah

  • Bong Ai Yin Bogor Agricultural University
  • Fathul Bari Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Mokhamad Fakhrul Ulum Departemen Klinik, Reproduksi, dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat

Abstract

Prolaps organ reproduksi vagina pada sapi perah jarang terjadi dan belum banyak dilaporkan. Prolaps vagina harus ditangani dengan segera untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yang mengganggu siklus reproduksi. Tulisan ini melaporkan kasus prolaps vagina yang ditemukan di peternakan rakyat, anggota Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Seekor sapi betina Friesien Holstein (FH) pada laktasi kedua seminggu pascamelahirkan dan mengalami protrusi mukosa vagina yang tampak menggantung di vulva. Kasus ini ditangani dengan membersihkan mukosa vagina menggunakan air bersih dari keran dan dialirkan bersamaan dengan proses memasukkan mukosa vagina kembali ke posisi normal secara lege artis. Jahitan tipe simple interrupted di labia vulva dilakukan menggunakan tali rafia untuk mencegah prolaps terjadi kembali. Jahitan kemudian dilepas setelah seminggu. Sapi terjadi persembuhan dan tidak mengalami prolaps yang berulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benchohra M, Kalbaza AY, Amara K. 2015. Vaginal and Rec tal Prolapse (Type II) in Montbeliarde Dairy Cow-Case Report. Glob Vet. 14 (1): 56-58.

Hillman R, Gilbert RO. 2008. Chapter 9: Reproductive Diseases. Didalam: Rebhun’s Diseases of Dairy Cattle. Divers TJ, Peek SF, editor. Edisi ke-2. Missouri (US): Saunders Else-vier.

Mardiana CF. 2017. 80% Kebutuhan Susu di Indonesia Masih Impor. [internet]. [diunduh 2018 Juni 1]. Tersedia pada: https://finance.detik.com/industri/d-3590894/80-kebutuhan-susu-di-indonesia-masih-impor.

Scott PR, Penny CD, Macrae AI. 2011. Chapter 2: Obstetrics and parturient diseases. Didalam: Cattle Medicine. London (UK): Manson Publishing Ltd.

Published
2018-08-05
How to Cite
Ai YinB., BariF., & UlumM. F. (2018). Penanganan prolaps vagina pada sapi perah. ARSHI Veterinary Letters, 2(3), 51-52. https://doi.org/10.29244/avl.2.3.51-52