Bobot Badan, Indeks Massa Tubuh, dan Glukosa Darah Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang Diberi Pakan Berenergi Tinggi dan Nikotin Cair

  • Chusnul Choliq Bagian Penyakit Dalam, Departemen Klinik Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Bogor Agricultural University (IPB)
  • Irma Herawati Suparto Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bogor Agricultural University (IPB)
  • Septi Iriani Bagian Penyakit Dalam, Departemen Klinik Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Bogor Agricultural University (IPB)
  • Dondin Sajuthi Pusat Studi Satwa Primata, Bogor Agricultural University (IPB)

Abstract

Nikotin dengan dosis tertentu telah dilaporkan memiliki pengaruh terhadap penurunan nafsu makan pada tikus, tetapi belum pernah dilaporkan pada hewan model monyet ekor panjang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nikotin terhadap bobot badan, indeks massa tubuh (IMT) dan kadar glukosa darah monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang diberi diet berenergi tinggi selama tiga bulan. Sepuluh monyet jantan dewasa secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi pakan dengan bahan utama dari lemak sapi dan kelompok kedua dengan pakan monyet komersial (monkey chow). Cairan nikotin ditambahkan kedua pakan dengan dosis 0,75 mg/kg berat badan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (tersarang) dalam waktu. Data yang dikumpulkan dianalisis untuk mengetahui hubungan antara waktu dan perlakuan. Pengukuran dilakukan setiap empat minggu terhadap berat badan, indeks massa tubuh dan kadar glukosa darah. Hasil penelitian menunjukkan penurunan bobot badan yang tidak signifikan (P>0,05), namun IMT dan kadar glukosa darah menurun secara signifikan pada kelompok pertama (P<0,05). Disimpulkan bahwa pemberian nikotin cair pada monyet ekor panjang jantan dewasa dengan diet energi tinggi dapat menurunkan IMT dan kadar glukosa darah secara signifikan, namun tidak signifikan terhadap bobot badan.

Downloads

Download data is not yet available.
Section
Penelitian / Research